Selasa, 08 Desember 2009

Ubuntu For Human Being

"Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Ubuntu juga bisa berarti "aku adalah aku karena keberadaan kita semua". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.

Hem,...

Sebelum berbicara lebih dalam tentang Ubuntu, Adakah yang kenal dengan Linux?
Mungkin ada yang ga tau kali yaaa????(hehehe, hari gini ga tau Linux???)
Klo ga tau Browsing aja di mbah guugle.

Ubuntu merupakan Sistem Operasi yang berbasis Linux, yang disponsori oleh canonical Ltd. Juga dapat dikembangkan oleh semua orang karena Ubuntu merupakan sistem operasi yang open source (sorce kode dapat dilihat dan dikembangkan oleh semua orang yang mengerti programming)tersedia secara gratis.


Pemilik Canonical adalah Mark Shuttleworth dan dia adalah pendiri Ubuntu, pada tahun 1990 dia termasuk pengembang Debian, oleh karena itu Ubuntu merupakan turunan Debian.

Ubuntu didukung oleh komunitas yang luar biasa besarnya, dan tersebar di seluruh dunia.

Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu:

1. bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
2. bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
3. bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

untuk lebih lengkapnya lihat disini

2 komentar:

  1. salam kenal sesama pengguna open sources......

    BalasHapus
  2. salam kenal kembali....
    hidup open sourse.

    BalasHapus