Sabtu, 21 November 2009

Sejarah Linux

begini kira-kira ceritanya.....

Linux merupakan sistem operasi open source yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds.
Linux merupakan clone dari sistem operasi UNIX,pada dekade 80-an UNIX berkembang pesat,termasuk pada 13C.Salah satu sistem UNIX pada PC yang terkenal adalah XENIC (Santa Cruz Operation),yang merupakan mitra dari microsoft.Pada dekade ini pula lahir Sistem V (1984, dikembangkan di Computing Science Research Group, Bell Laboratories, New Jersey) yang menjadi kiblat dari kebanyakan versi UNIX. Selain itu pada tahun 1984 juga terdapat proyek yang disebut GNU (GNU’s Not UNIX) yang dikembangkan oleh The Free Software Foundation(FSF). Tujuan dari proyek ini adalah membangun sistem sistem seperti UNIX yang bebas royalti bagi pemrogram dan Pengembang. Proyek inilah yang kemudian hari mendasari system operasi Linux.”
Mulai pertengahan 90-an Linux (cloning dari UNIX) yang dicoptakan oleh Linus Torvalds dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1991 mulai naik daun di lingkungan pengguna PC dan menjadi pesaing microsoft windows,memasuki tahun 2000,Linux terus berkibar.Dengan knsep “open source” (kode program bisa dilihat dan dikembangkan siapa saja) dan gratis,banyak pemakai,terutama di lingkungan kampus,yang tertarik menggelutinya.Dukungan aplikasi mulai kian meluas, dari aplikasi perkantoran, multimedia , hingga database, yang kebanyakan bersifat gratis, membuat Linux tumbuh bengan cepat. Kini muncul banyak distribusi (Distro), antara lain:


  • Redhat
  • Mandrake
  • Slackware
  • Debian
  • Suse
  • Ubuntu
  • Dan Banyak Lagi......
Linux (kernelnya saja) adalah sistem operasi komputer yang bermula dari proyek hobi Linus Torvalds,seorang mahasiswa dari Helsinki University,Finlandia, pada tanggal 5 oktober 1991, Linux mengumumkan Versi resmi Linux, yaitu 0.02. versi ini hanya dapat menjalankan BASH (GNU Bourne Again Shell) dan GCC (GNU C Compiler). Saat ini linux telah berkembang sedemikian cepat sehingga dilengkapi banyak program, Mulai dari office suite semacam staroffice hingga web server (seperti apache), email (sendmail), database(postgreSQL dan MySQL). Dan lainnya sehingga menjadi GNU/Linux,Linux didistribusikan secara bebas bersama Prrogram GNU(GNU is Not UNIX) lainnya dengan Model lisensi GPL(General Public Lisence). GNU/Linux atau yang selanjutnya disebut Linux sekarang merupakan alternative system operasi yang jauh lebih bagus dan baik.
Sekilas tentang Linus Torvalds
Linus Torvalds dilahirkan di Helsinki,Finlandia,pada tanggal 28 desember 1969,dalam usiannya yang ke 10. Linus mulai berkecimpung dalam pemrograman komputer ,dengan menggunakan komputer mlik kakeknya, Commodore VIC-20. Komputingpun menjadi hobinya. Pada tahun 1988 Linus diterima menjadi mahasiswa di University Of Helsinki, Finlandia. Pada tahun 1990 Linus memulai kelas C pertamanya. Pada tahun 1991 Linus membeli komputer pertamanya, dan dia tidak puas dengan sistem operasi pada komputernya, saat itu dia menggunakan Ms-DOS (Disk Operating Sistem,system operasi buatan microsoft), Tapi Linus lebih cenderung menggunakan sistem operasi UNIX,seperti yang digunakan pada komputer di Universitasnya.Akhirnya dia memutuskan untuk menciptakan Versi yang bisa untuk digunakan pada PC dari UNIX. Kerja kerasnya selama berbulan-bulan menghasilkan cikal bakal dari sistem operasi yang dikenal Linux, yang kelak delapan tahun kemudian dikembangkan menjadi apa yang dikatakan oleh pengamat sebagai Ancaman bagi Raksasa Microsoft yang sangat dikenal dengan system operasi Windowsnya.
Begitu Linus berhasil menciptakan versi kasar dari Linux, dia memposting pesan dalam internet untuk mengenal sistem operasi barunya kepada pengguna PC lain. Linus membuat Software dapat didownload secara percuma, dan sebagaimana biasa dilakukan oleh sesama software developer pada saat itu, dia merilis source kodenya, yang berarti semua orang yang memiliki pengetahuan tentang pemrograman komputer dapat memodifikasi Linux untuk disesuaikan dengan tujuan mereka masing-masing.Linus segera memiliki banyak pendukung yang antusias, karena mereka memiliki akses ke source codenya, dan dapat menolong Linux untuk memperbaiki dan menyempurnakan software tersebut.
Untuk menggunakan Linux membutuhkan kecerdasan tehnik yang cukup, sebab mengoperasikannya tidak semudah menggunakan sistem operasi populer seperti Windows,Mac milik Apple Computer, atau OS/2 milik IBM, tapi bukan berarti Linux itu sulit dipelajari. Namun karena para volunteer developer memuji diri sendiri akan kualitas hasil kerja kerasnya. Linux cukup dikenal dengan keunggulan sebagai sistem yang efisien dan jarang sekali terjadi Crash.
Linux mendapatkan kejayaannya pada akhir 1990-an ketika para kompetitor dari Microsoft mulai mengembangkan sistem operasi tersebut secara serius. Perusahaan Netscape Communication, Corel, Oracle, Intel dan perusahaan-perusahaan lain bahwa mereka berencana mensupport Linux sebagai alternatif yang tidak mahal dari windows. Saat skenario ini mulai terbentuk, penggemar Linux dan media menggambarkan Linus sebagai David yang melaju melawan raksasa,Bill Gates, salah satu pendiri dan pimpinan Microsoft.
Linus mengatakan dia tidak iri melihat kesuksesan keuangan dari Bill Gates atau Microsoft. Pada tahun 1999, diperkirakan tujuh juta komputer beroperasi dengan menggunakan linux, Masih bisa didapatkan percuma, dan banyak perusahaan software besar mengumumkan berencana mendukungnya. Dalam waktu yang sama Linus mengambil posisi di Transmeta Corp. , yang dimiliki oleh salah satu pendiri Paul Allen,bekerja dalam proyek yang sangat rahasia, yang diasumsikan oleh banyak komunitas High-tech akan berkembang beberapa serangan di masa depan bagi kerajaan Microsoft.
Nah begitulah ceritanya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar